Pages

Lencana Facebook

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Senin, 17 Maret 2014

Fungsi Lain Masjid

Bagi seorang muslim, tentu kita tahu fungsi masjid adalah tempat ibadah. Baik ibadah ritual maupun ibadah lain, seperti pengajian dan belajar baca tulis Alquran. Ini standart fungsi masjid secara umum. 

Di balik fungsinya yg terjadwal itu, penulis menemukan fungsi lain dr masjid yg tidak banyak orang sadari kecuali dia seorang perantau. Persaudaraan se-iman.

Kenapa harus perantau?


Ya, ini yang sedang dirasakan oleh penulis. Sebagai seorang perantau yg hidup jauh dr sanak sudara, kerabat maupun teman, masjid manpu mempertemukan yg tidak pernah ketemu. Memperkenalkan yg belum pernah kenal.

Di saat semua "cuek bebek" maka di masdid ada yg mencolek. Ternyata tidak telalu sulit mencari saudara baru di bumi perantauan. Hanya bemodal "adzan" di saat masuk waktu shalat, ajak anak dan istri berjamaah di masjid dan sedikit tegur jamaah lain semua jd kenal.

****
Inilah strategi Rasulullah saat beliau dan rombongan seperantaunnya tadang ke Madinah. Untuk mempersaudarakan para perantau dengan penduduk pribumi beliau membangun masjid. Selain sebagai simbol peribadatan, masjid juga sebagai simbol persaudaraan. Muhajirin dan Anshor.

****
Untuk anda yg juga perantau, jika kesulitan mencari saudara , pergi saja ke masjid. Sholat jamaah. Masjid akan mempertemukan anda dengan saudara yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar