Pages

Lencana Facebook

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Minggu, 06 April 2014

Gadget dan Tumbuh Kembang Anak

Sering, saya membaca artikel spikologi tentang pengaruh gadget terhadap tumbuh kembang anak. Para mengamat menilai bahwa gadget berdampak negatif terhadap perkembangan anak. Yang paling terlihat antara lain, susah bicara, komunikasi buruk (gak nyambung ketika diajak bicara), dsb. Saya rasa ini tidak salah, dan seperti itulah adanya.

Pendapat itu bisa dibenarkan, mengingat konsumsi anak di gadget kebanyakan aplikasi game, pernainan yang menyenang saja. Tentu, jika hanya itu konsumsinya, tidak dipungkiri pendapat yang mengatakan gadget buruk buat anak.

Gadget pasti buruk buat anak??



Mengulas pengalaman pribadi. Anak kami, yang sekarang usianya 3,5 tahun, sangat gemar dengan gadget. Hampir sekitar 1,5 tahun lamanya dia berkutat dengan ponsel android. Sudah sangat lanyah untuk anak seusianya dalam mengoprasikan ponsel pintar ini.

Tapi, kami pergatikan, walaupun dia sering berkutat dengan gadget, kemampuan komunikasinya, kecakapan bicaranya diatas rata-rata anak seusianya.

Pertanyaan kami kemudian, mana yang kurang tepat, pendapat ahli spikoligi anak tentang dampak buruk gadget atau anak kami yang tidak terpengaruh dengan dampak negatif gadget.?

—————————————
Ini poin-poin penting tentang anak kami yang berkaitan dengan gadget.

1. Pilihkan game edukasi. Contoh, mengenal warna, tumbuhan, binatang dsb. walaupun sejatinya dia mainan, tapi ada muatan pendidikan.

2. Pilihkan film di youtube film anak yang mendidik. seperti si kancil, ipin upin, masha dsb.

3. walaupun materi konsumsi anak di dalam gadget sudah kita seleksi, tapi menenani anak ketika ber-gadget ria jauh lebih penting. Karena adakalanya kita perlu sedikit mengarahkan anak (baik/ buruknya materi) saat ber-gadget.

4. Pilih permainan dengan bahasa yang jelas. Bukan sekedar senang, tapi mengajari bahasa juga penting. Film kartun pun, sebisa mungkin pilih yang ada bahasa mulutnya, bukan sekedar bahasa tubuh dan isyarat. Bahasa mulut yang didengar anak, baik dari film maupun game, secara tidak langsung mengajari anak berbicara.

Poin-poin itu penting untuk anak kami agar anak tetap bisa bergadget ria tanpa -terlalu- dikhawatirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar